Presentasi buku “Los Sota. Kemegahan dan balas dendam” oleh Eugenio Ibarzabal

Tanggal: 16/11/2021 pukul 19.00

Tempat: Aula utama

Judul : Los Sota. Kemegahan dan balas dendam

Pengarang: Eugenio Ibarzabal

Setelah presentasi pertama kepada media pada tanggal 8 Oktober, presentasi tersebut dipresentasikan di Ibaigane pada tanggal 21 Oktober dan akan dilanjutkan dengan presentasi di Getxo pada tanggal 3 November dan di San Sebastián pada tanggal 11 November.

Di Pamplona dia akan menemani penulis Aingeru Epalza dan akan tampil di Nuevo Casino de Pamplona.

Keluarga Sota adalah, pada saat pemberontakan Franco, tidak hanya kelompok bisnis yang paling penting di Bizkaia tetapi juga di Spanyol, serta salah satu kekayaan terbesarnya, baik di tingkat Spanyol dan Eropa. Di antara perusahaan terpentingnya adalah Naviera Sota y Aznar, Galangan Kapal Euskalduna, Altos Hornos de Sagunto, perusahaan pertambangan di berbagai bagian Spanyol, perusahaan kereta api dan asuransi.

Diperingatkan akan bahaya mereka melarikan diri dari duta besar Inggris saat itu, mereka harus melarikan diri dari Bilbao pada akhir Mei 1937, beberapa hari sebelum masuknya pasukan Franco.

Dituduh sebagai seorang nasionalis Basque dan setelah Ramón Sota Llano menderita, selama bertahun-tahun, kampanye yang merendahkan oleh musuh-musuh monarkinya, pada 16 Juli 1937, dengan dukungan mesin-mesin Franco, rekannya José Luis Aznar Zavala merenggut keluarga Sota pada 16 Juli , 1937, mengendalikan perusahaan pelayaran Sota y Aznar, serta perusahaan-perusahaan lainnya.

Pada tahun 1938, pria dan wanita dari keluarga Sota, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, didenda oleh pengadilan Franco dengan denda sebesar 370 juta pada saat itu. Semua aset Anda disita.

Pengembalian aset tersebut terus dilakukan pihak keluarga hingga saat ini.

Buku ini telah ditulis memiliki akses untuk pertama kalinya ke dana pribadi Ramón Sota Aburto, serta dokumentasi Inggris pada waktu itu. Ini menceritakan kisah kebangkitannya dan penjarahan berikutnya.

Bagaimana, oleh siapa dan mengapa.

Ini berpusat pada tiga karakter kunci dalam keluarga: Ramón Sota Llano, Ramón Sota Aburto dan Ramon Sota Mac Mahon. Seratus lima puluh tahun sejarah dan tokoh kunci dalam sejarah Spanyol: Cánovas, Maura, Alfonso XIII, Primo de Rivera, Cambó, Franco, Carrero Blanco dan Serrano Suñer, serta beberapa keluarga Bilbao yang paling menentukan dan kepribadian dari waktu : Chávarri, Arana, Unamuno, Ybarra, Sarría, Aznar, Areilza, Balparda, Bergé dan Lequerica.

Sebuah kisah hebat yang diceritakan dengan baik dan akhirnya terungkap, mulia sekaligus pahit.

Penulis Kirmen Uribe mengatakan tentang buku ini:

<< Bagi saya itu tampak seperti pekerjaan yang luar biasa, didokumentasikan dengan sangat baik dan itu membantu memperjelas bagian dari periode sejarah kita baru-baru ini. Bacaannya sangat mudah, dengan kedinamisan sebuah novel >>.